Pages

Friday, February 6, 2015

الالا تنال العلم / KITAB ALALA ( ilmu akhlaq + motivasi ) bagi anak kita

بسم الله الرحمن الرحيم
Bab I
Syarat²nya Mencari Ilmu

اَلَا لَاتَنَالُ العِلْمَ اِلَّابِسِتَّةِ   #   سَأُنْبِيْكَ عَنْ مَجْمُوْعِهَابِبَيَانِ

Ingatlah enam syarat berhasilnya ilmu

Bakal diceritakan terkumpulnya dengan jelas

ذُكَاءِوَحِرْصٍ وَاصْطِبَارٍوَبُلْغَةٍ  #  وَإِرْشَادِأُسْتَاذِوَطُوْلِ زَمَانِ

yaitu cerdas,semangat,sabar,ada biaya

juga didikan guru dan waktu yang lama\

Coba anda lihat sekilas dari nadhom & terjemahan di atas, diterangkan bahwa ilmu itu ada syarat²nya lhoo !! Ini artinya bahwa orang yg ingin punya ilmu harus memenuhi kriteria-kriteria di atas, yaitu :

  1.   Cerdas .


Yang dimaksud cerdas di sini yaitu kita harus bisa memanfaatkan waktu kita yang ada. Why ?? coz time can’t to recharge again. ^_^
Ya ,, btull. Sehingga mari gunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Kalo kata pepatah “time is money” ( udah tau ndiri artinya kan ?)
Selain cerdas memanfaatkan waktu, seorang pelajar / murid / santri juga harus pandai melihat situasi apa yang harus ia kerjakan supaya umur yang diberikan ALLAH ini tidak sia-sia.
Mari coba kita kalkulasikan aja misalkan anda ingin jadi seorang hafidz / penghafal qur’an, jika anda mencoba menghafal al-qur’an satu hari satu ayat maka insyaALLAH dalam waktu 7 tahun anda akan selesai menghafal Al-qur’an. Hehehe... enakkan ?? Tapi harus dilandasi niat yang super kuat .

2    Semangat


Jangan anggap remeh yang satu ini yaa, karena semangat merupakan awal kunci dari sebuah hasil pekerjaan anda dalam berbuat apapun.
Anak yg pandai itu udah wajar adanya, namun kalo anak yg kurang pandai namun ingin berusaha dengan giat dan semangat ingin pandai ini yang sangat langka .
Liat film naruto meski dia keliatan bodoh, namun di sisi lain selama perjalanan dia dengan sensei jiraiya dalam menambah ilmu bela dirinya, naruto merupakan satu – satunya ninja genin yg sangat bersemangat. Dan singkat cerita dia akhirnya bisa menjadi seorang hokage di masa selanjutnya. Yahh , begitulah gambaran seorang yg mau bersemangat dalam mencari apa yg dicari walaupun gak semuanya akan seperti itu.

3.     Sabar

Sabar merupakan salah satu kunci keberhasilan seseorang. Dan sabar pun juga mempunyai tingkatan karena kalo kita yang orang biasa diuji seperti ujian para nabi maka kita pasti gak akan kuat. Sehingga sabar ini harus dilatih sedikit demi sedikit supaya nanti dalam menghadapi problema hidup kita mudah goyah / bingung. Kata orang – orang jawa dulu “ gak sabar buyar “ ( kalo tidak sabar maka hancur ),, hehehe ... btull juga y ?
Karena orang yg mencari ilmu itu pasti akan diuji oleh ALLAH untuk mengetahui sebatas mana dia bisa menjaga kesabarannya. Misalkan kebanyakan santri diuji dengan penyakit seperti : gak krasan, gatel ( gudik’s), telat kiriman, dibenci teman, sulit paham pelajaran, dll.
Pokoknya ujian² ini mengandung unsur sekuat mana dia bisa bertahan.

4     Biaya


Jelas sekali pastinya orang yang ingin punya ilmu juga butuh dengan biaya, karena ini faktor pendukung daripada yang tiga di atas. Orang pingin motor aja harus punya biaya untuk membeli apalagi ilmu yang merupakan alat untuk mencerdaskan akal dan pikiran kita.
Walaupun toh kadang ada juga orang yang mau mengajar tanpa meminta biaya, namun alangkah indahnya jika kita menghargainya dengan menyisihkan sedikit harta kita untuk mengganti keringat / hasil kerja kerasnya mendidik kita.
Dan juga biaya dibutuhkan untuk membeli peralatan belajar seperti : buku / kitab, pulpen, penggaris, kamus dll.

5.     Adanya Guru


Yang satu ini merupakan sarana bagi kita untuk menimba ilmu karena sesungguhnya ilmu itu tidak hanya kita peroleh dari belajar di ekolahan / pondok ./ kampus saja. Ilmu dapat kita ambil dari mana saja tergsntung kreativitas masing – masing pribadi dalam membaca keadaan. Namun kebanyakan  kita peroleh ilmu itu dari seorang guru (digugu lan ditiru) karena lewat seorang guru lah kita bisa lebih paham dan lebih jelas dalam memahami pelajaran yang diberikan. Dan guru pulalah sebenarnya orang yang wajib kita hormati setelah orang tua kita. Bahkan sayyidina ‘ali pernah berkata “Aku adalah budak orang yang mengajarkanku walau hanya satu huruf, jika ada ada yang mau, silahkan menjualku atau memerdekakanku atau tetap menjadikan aku sebagai budaknya.” Subhanallah !!
Betapa besar jasa seorang guru secara hakikatnya dan sungguh ini merupakan peringatan bagi kita semua betapa mulyanya seorang guru.

6.     Waktu yang lama


Segala sesuatu tidak bisa langsung jadi begitu saja tanpa melalui proses (kecuali takdir ALLAH). Kita saja manusia pasti melewati tahap – tahap berikut : bayi – balita – bocah cilik – remaja – dewasa – orang tua – dan akhirnya mati juga. Termasuk dalam belajar kita pastinya butuh waktu untuk mempelajari apa yang kita sukai / yang diwajibkan bagi kita.
Waktu merupakan keharusan yang mengisi proses kehidupan kita baik dalam hal pembelajaran ataupun yang lain. Gak mungkin orang hidup tanpa disertai waktu ,, anehhh kalo ada. Sehingga dalam mematangkan ilmu yang kita pelajari seorang nadzim ini menjadikan waktu yg lama sebagai syarat kita mencari dan mempunyai ilmu. Walaupun toh ada anak yang super cerdas sehingga dia tidak butuh waktu lama dalam mempelajari sesuatu,  namun ini sangat langka kita jumpai. ( termasukk yg nge_blog ini, hehhe)


0 comments:

Post a Comment